Borobudur adalah candi umat Buddha yang didirikan oleh para penganut Buddha Mahayana pada tahun 800 Masehi di masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lokasi candi ini berada kurang lebih 40 km di sebelah barat laut kota Jogja. Borobudur, berasal dari kata Bara yang artinya kompleks biara dan Budur yang artinya atas, Candi Borobudur berdiri di atas bukit dengan megahnya.

Bangunan Candi Borobudur sangat megah dan mengagumkan maka tak heran bila oleh UNESCO disebut sebagai monumen dan komplek stupa termegah di dunia yang ramai dikunjungi para peziarah dari abad ke-9 hingga abad ke-11. Pemeluk agama Budda banyak berdatangan dari luar negeri seperti China, Tibet, Kamboja, dan India. Dinding candi Borobudur dihiasi pahatan 2672 panel relief yang tersusun sepanjang 6 km dan menjadi relief terbesar juga paling lengkap di dunia. Terhitung ada 4 relief yang dibagi menjadi 4 kisah yaitu Karmawibangga, Lalita Wistara, Jataka dan Awanda dan Gandawyuda.

Stupa utama terbesar terletak di tengah dan menjadi mahkota utama bangunan candi. Lalu stupa utama ini dikelilingi tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna. Di setiap tingkatan relief-relief menggambarkan secara tersirat ajaran Buddha yang pada saat itu menjadi agama kepercayaan masyarakat. Menurut sejarah, Candi Borobudur memang dibangun sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha pada jaman Dinasti Syailendra.

Stupa dari Borobudur juga merupakan replika dari alam semesta. Dimana, hal ini menyimbolkan mikro-kosmos yang dibagi menjadi 3 tingkatan. Tingkat pertama yaitu dunia manusia dimana keinginan dipengaruhi oleh impuls negatif. Tingkat kedua yaitu dunia dimana manusia telah dapat mengontrol impul negatif dan dapat mengendalikan impuls positif. Sedangkan tingkatan terakhir yaitu tingkat ketiga yang sekaligus sebagai tingkat tertinggi dimana dunia manusia bukan lagi dibatasi hal-hal fisik dan keinginan-keinginan. Menurut sejarah, Candi Borobudur dibangun memakan waktu 92 tahun lamanya.

Akses menuju candi ini paling mudah menggunakan armada sewa mobil Yogyakarta KelilingJogja.ID 08118676285 yang menyediakan rental mobil murah di Jogja. Fasilitas di kawasan candi Borobudur juga cukup memadai seperti penginapan, rumah makan, toko cenderamata. Juga terdapat para guide yang bisa memandu dan menjelaskan tentang informasi mengenai candi Borobudur.