Kali ini Yogyakarta memberikan kawasan wisata berbeda yang tidak dimiliki oleh daerah-daerah lainnya. Tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis ini bernama Gumuk Pasir Parangkusumo . Sedangkan Barchan sendiri adalah nama jenis pasir sehingga sering juga ditulis Gumuk Pasir Barchan Jogja. Gumuk Pasir Barchan Jogja ini terhampar luas sekitar dua kilometer sepanjang sungai Opak.Pantai Parangtritis hingga pantai Depok. Walaupun sebenarnya tempat ini sudah lama keberadaannya, namun belakangan karena maraknya sosial media tempat ini menjadi sangat ramai pengunjung. Hal itu tentu saja terjadi karena para pengunjung tidak mau melewatkan fenomena alam yang hanya ada tiga di asia tenggara, yaitu di Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan tentu saja Indonesia.

Fenomena Gumuk Pasir Barchan Jogja Parangkusumo ini tidak lepas dari pengaruh keberadaan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berada di utara Yogyakarta. Sungai-sungai di sekitarnya juga turut serta membentuk fenomena gumuk pasir ini, yang tentu saja tidak terjadi dalam waktu singkat. Terbentuk dari hasil abu-abu vulkanik yang diciptakan oleh Gunung Merapi, dan dialirkan oleh Sungai Opak, Sungai Progo, serta sungai-sungai lainnya hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis. Material dari abu vulkanik itu kemudian terbawa dan terombang-ambing di lautan selatan, menjadi semakin tipis dan berubah hingga berbentuk debu-debu halus yang akhirnya sampai ke tepi pantai. Debu-debu halus tersebut lah yang kemudian terbawa oleh angin secara perlahan dan terus menerus hingga akhirnya menciptakan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tidak hanya memberikan pemandangan hamparan pasir yang menakjubkan, terdapat juga beragam aktivitas wisata yang dapat kalian lakukan di gumuk pasir ini. Seperti berfoto ria di hamparan padang pasir dan di beberapa tempat yang sudah dipasangi ragam hiasan, duduk santai di ayunan yang tersedia, menikmati dan mengabadikan sunset, serta melakukan sandboarding atau berseluncur pasir. Tentu saja diperlukan biaya ekstra apabila ingin  melakukan sandboarding ini, sekitar Rp. 150.000 sampai Rp.200.000. Namun, jika kalian hanya ingin menikmati gumuk pasir ini dengan bersantai dan berfoto ria, hanya diperlukan biaya untuk parkir sebesar Rp. 3000 sampai Rp. 10.000 saja. KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa mobil murah di Jogja.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?