Kalibiru Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi bila kamu ke Jogja. Karena tempat ini juga menyimpan keindahan luar biasa yang tak kalah dari tempat wisata lainnya di Jogja. Kalibiru merupakan hutan wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat. Hutan wisata satu ini berada di kawasan perbukitan Menoreh. Awalnya, Kalibiru merupakan hutan wisata milik pemerintah namun kini hutan ini dikelola oleh masyarakat sebagai hutan wisata sekaligus hutan edukasi dan juga untuk menjaga hutan tetap hijau, sejuk dan lestari. Hal yang paling menarik dari Kalibiru adalah jalur tracking dengan pemandangan yang luar biasa menawan, hijaunya hutan dan hamparan bukit yang sangat luas dan memesona. Belum lagi lingkungan masyarakat setempat yang tergolong ramah membuat suasana menjadi kekeluargaan dengan masih mempertahankan keanekaragaman seni budaya tradisional.

Yang cukup popular di hutan wisata Kalibiru adalah menara pandang di atas pohon. Berfoto di atas menara pandang menjadi rutinitas yang diburu para wisatawan di tempat. Sebenarnya fungsi menara pandang adalah tempat start dan finish wahana outbond yang ada di Kalibiru. Karena berlokasi di atas pohon, untuk menuju ke menara pandang maka kamu harus naik tangga terlebih dahulu. Gardu pandang juga tak boleh di lewatkan, tempat ini bisa kamu temui jika kamu menyusuri jalan setapak. Melalui gardu pandang yang tersebar di mana-mana kamu bisa melihat keindahan Waduk Sermo, apalagi jika sore hari kamu bisa menyaksikan matahari terbenam dari sini dengan sejuta keindahannya.

Jika ingin benar-benar menikmati Kalibiru, datanglah pada hari biasa ke tempat wisata satu ini karena jika hari libur atau weekend tempat ini akan sangat ramai dan terjadi antrian yang cukup panjang.  Beberapa kegiatan yang bisa kamu pilih di tempat ini adalah Outbond Training, Wisata Pedesaaan, Wisata Budaya, Wisata Pendidikan, Wisata Keluarga, Wisata Trekking, Wisata Terapi Alam. Hutan wisata Kalibiru berlokasi di Desa Hargowilis, kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo berjarak 40 km dari Yogyakarta. Tidak terlalu jauh dari objek wisata Waduk Sermo, rute menuju Kalibiru cukup menanjak jadi diharapkan untuk berhati-hati saat menuju tempat ini dengan kendaraan pribadi. 

KelilingJogja.ID 08118676285 sewa mobil murah di yogyakarta menyediakan rental mobil di Jogja dengan harga terbaik dan siap mengantar anda mengunjungi obyek wisata ini.