Alun-alun Kidul Yogyakarta menjadi salah satu tempat tujuan wisata tengah kota yang asik untuk dikunjungi bersama keluarga. Alun-alun Kidul dahulunya diyakini sebagai tempat istirahat para Dewa. Dan kini alun-alun banyak difungsikan sebagai tempat bagi orang-orang untuk menetramkan hati. Di masa lalu juga Alun-alun Kidul banyak digunakan untuk acara-acara latihan ketangkasan prajurit keraton tapi kini setelah tidak ada prajurit yang melakukan latihan tempat ini dijadikan ruang publik dan sebagai tempat hiburan bagi masyarakat Yogyakarta. Sebuah mitos yang menarik dan masih sering di coba para pengunjung di Alun-alun Kidul apalagi para wisatawan adalah ritual masangin. Masangin adalah aktifitas jalan dengan mata tertutup di antara pohon beringin kembar. Konon katanya siapapun yang bisa melewati beringin kembar maka orang tersebut hatinya bersih dan doa yang ia panjatkan akan terkabul. Dan ternyata, melakukan masangin tidaklah mudah, banyak juga yang gagal melewati beringin kembar tersebut. Ritual masangin bermula dari ritual topo bisu mubeng beteng di malam 1 Suro dan berakhir dengan melewati ringin kurung. Menurut cerita, ada rajah di antara kedua beringin kembar tersebut yang fungsinya untuk menolak bala yang berusaha mendatangi Keraton Yogya hingga orang yang bisa melewati dua beringin tersebut adalah orang yang hatinya bersih saja.

Alun-alun Kidul pada pagi hari ramai oleh ibu-ibu yang mengasuh anak, penjual jajanan, dan tempat olahraga bagi anak sekolah maupun masyarakat umum. Pada sore hari hingga magrib Alun-alun Kidul padat oleh keluarga maupun pemuda-pemudi yang menghabiskan waktu sembari menunggu adzan magrib. Saat malam tiba, aktifitas akan bertambah dan jumlah pengunjung ditempat ini semakin ramai. Ada yang melakukan ritual masangin, banyak juga yang menjadikan Alun-alun Kidul sebagai tempat berkumpul. Tak ketinggalan, menu khas Alun-alun Kidul yang ada di angkringa adalah wedang bajigur, wedang ronde, dan juga jagung bakar. Pada malam hari kamu juga bisa mencoba sepeda tandem dan becak berlampu led dengan tulisan Jogja dan aneka hiasan yang bisa membawa anda berkeliling Alun-alun Kidul. Becak lampu ini mampu memuat penumpang hingga 6 orang, jadi anda bisa melakukan aktifitas gowes berkeliling alun alun kidul Yogyakarta ini bersama dengan teman, saudara, ataupun keluarga.

Sewa hiace Jogja KelilingJogja.ID 08118676285 menyediakan sewa hiace murah di Yogyakarta, hubungi kami untuk mendapatkan harga terbaik.

× Ada Yang Bisa Kami Bantu ?